Jenis-Jenis Partisi Hard Disk Yang ada Dalam Komputer

Jenis-Jenis Partisi Hard Disk Dalam Komputer

          Partisi adalah pembuatan sekat atau pemisahan sebuah bagian dari memory (Hard disk) atau media penyimpanan yang terpisah secara logis yang berfungsi seolah-olah bagian tersebut terpisah secara fisik.

1. Jenis-jenis Partisi

   a. Primary Partisi

          Pada partisi ini diberikan sebuah system operasi agar dapat di boot awal pembootingan yang berfungsi sebagai master, biasanya disebut sebagai driver C.

   b. Extended Partisi

          Apa sih extended partisi tersebut ?
Extended partisi adalah partisi pada hard disk yang berfungsi membatasi antara primary partisi dengan logical partisi. Selain sebagai pembatas, jika kita salah dalam mempromosikan letaknya maka ini akan berakibat fatal apalagi jika dalam penginstallan linux seperti fedora. Jika extended partisi berada didepan boot partisi maka system akan gagal dalam melakukan bootingnya karena dalam kondisi ini yang dibaca sebagai primary partisi adalah extended partisi tersebut.

   c. Logical Partisi

          Logical partisi ini adalah perisi bagian dari extended partisi. Dalam partisi ini tidak terdapat operating system seperti primary partisi atau bisa dibilang ini partisi yang fungsinya untuk penyimpanan data saja.


Selain Hard disk mempunyai jenis, Hard disk juga bentuk format partisinya. Berikut ini adalah macam-macam bentuk format partisi dan penjelasannya :

a. FAT (File Allocation Table)

          FAT merupakan format partisi yang sudah cukup tua, format ini digunakan sebagai standard pada saat sistem operasi masih menggunakan DOS. saat itu masih digunakan pada disket floppy untuk mengatur partisinya.

b. FAT 16

          FAT 16 merupakan bentuk perkembangan dari partisi FAT, dimana satu block data sekarang bisa menyimpan 16 bit data. Jenis format partisi ini digunakan pada windows-95 dan windows-95C.

c. FAT 32

          FAT 32 ini merupakan pengembangan dari FAT 16, dimana sekarang satu block data bisa menyimpan 32 bit data. Jenis format partisi ini pertama kali digunakan pada windows-98.

d. NTFS (New Technology File System)

          NTFS ini merupakan sebuah jenis format partisi baru yang pertama kali digunakan pada windows 2000 dimana tingkat keamanan dari penyimpanan file dioptimalkan. versi windows yang lebih rendah dari windows 2000 tidak dapat membaca jenis format partisi ini.

e. Linux Ext2

          Merupakan jenis format partisi yang digunakan oleh linux.

f. Linux Ext3

          Merupakan pengembangan dari Ext2, dan banyak digunakan saat ini oleh versi-versi linux baru dimana tingkat keamanan penulisan file dioptimalkan.

g. Linux Swap

          Swap ini merupakan jenis format partisi khusus untuk linux yang berfungsi untuk melakukan proses swapping saat beroperasi. Partisi ini biasanya besarnya sekitar 2x (dua kali) besar RAM yang terpasang pada komputer tersebut.



Itulah jenis-jenis partisi dan macam-macam bentuk format partisi... Semoga Bermanfaat... Terima Kasih...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Partisi Hard Disk Yang ada Dalam Komputer"

Post a Comment