Macam-Macam Topologi Untuk Jaringan Komputer

Selamat datang di BLOGCURT sahabat Blogger. Kali ini saya akan membahas tentang macam-macam topologi yang digunakan dalam jaringan komputer.Oke langsung saja ...

 1. Topologi BUS








     Pada topologi BUS digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat dimana seluruh workstation dan server dihubungkan. Keunggulan topologi BUS adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa menggangu workstation lain. Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan disepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan (collision domain)/tabrakan data.

2. Topologi RING










     Didalam topologi RING semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin. Tiap workstation ataupun server akan menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer ke komputer lain. Bila alamat-alamat yang dimaksud sesuai maka informasi diterima dan bila tidak informasi akan dilewatkan.
     Kelemahan dari topologi ini adalah setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan, sehingga bila terdapat gangguan disuatu node maka keseluruhan jaringan akan terganggu.
     Keunggulan topologi ring adalah tidak terjadinya collision atau tabrakan pengiriman data seperti pada topologi BUS.

3. Topologi STAR

     Masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke switch atau server.
Keunggulan dari topologi ini adalah bahwa dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap workstation ke server, maka bandwidh atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga akan meningkatkan unjuk kerja jaringan secara keseluruhan.
     Kekurangan dari topologi ini adalah kebutuhan kabel yang lebih besar dibandingkan dengan topologi lainnya. Sangat tergantung pada switch, sehingga jika switch mengalami gangguan maka jaringan secara keseluruhan akan terganggu.

4. Topologi MESH

     Topologi MESH adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada didalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi MESH setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju.

5. Topologi TREE

     Topologi ini disebut juga topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer.


Demikianlah macam-macam topologi yang digunakan dalam jaringan komputer. semoga bermanfaat
Terimakasih ...

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Macam-Macam Topologi Untuk Jaringan Komputer"

  1. Lengkap sekali gan, cuman implementasi nya bagaimana gan??

    ReplyDelete
  2. Di Kampus saya kebetulan menggunakan topologi star gan

    ReplyDelete
  3. Banyak juga ya topologinya... makasih ya bos ilmunya... ditunggu tulisan selanjutnya

    ReplyDelete
  4. ini termasuk teknik jaringan ya gan?

    ReplyDelete