Perangkat Membangun Jaringan WAN Sederhana

Hasil gambar untuk jaringan wan

Selamat datang di BLOGCURT sahabat Blogger. Kali ini saya akan membahas tentang Perangkat yang diperlukan untuk membangun jaringan WAN sederhana.
WAN adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara bahkan benua.
Oke langsung saja inilah peralatannya :

1. PC (Personal Computer)
 


    PC (Personal Computer) Ini fungsinya yaitu sebagai server dan client dalam jaringan WAN tersebut.

2. ROUTER


     Router adalah peningkatan kemampuan dari bridge, Router mampu menunjukkan rute/jalur (route) dan memfilter informasi pada jaringan yang berbeda. Beberapa router mampu secara otomatis mendeteksi masalah dan mengalihkan jalur informasi dari area yang bermasalah. Router memiliki fungsi utama yaitu sebagai penghubung antara dua atau lebih jaringan komputer yang berbeda, untuk selanjutnya meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

3. Modem

     Modem memiliki fungsi yaitu mengkonversi sinyal digital ke analog, begitu juga sebaliknya mengkonversi sinyal analog ke digital. Pada pengirim, modem mengkonversi sinyal digital kedalam bentuk yang sesuai dengan teknologi transmisi untuk dilewatkan melalui fasilitas komunikasi analog atau jaringan telepon. di sisi penerima, modem mengkonversi sinyal analog ke format digital kembali.


4. CSU / DSU (Channel Service Unit / Data Servis Unit)

     CSU / DSU sama seperti modem, hanya saja CSU/DSU mengirim data dalam format digital melalui jaringan telephone digital. CSU/DSU biasanya berupa kotak fisik yang merupakan dua unit yang terpisah.



5. Multiplexer
 
     Sebuah multiplexer mentransmisikan gabungan beberapa sinyal melalui sebuah sirkit (circuit). Multiplexer dapat mentransfer beberapa data secara simultan (terus-menerus), seperti video, sound, text, dan lain-lain.


6. Communication Server

     Communication Server adalah server yang memiliki beberapa interface analog dan digital serta mampu melayani beberapa user sekaligus, karena Communication Server mengkonsentrasikan komunikasi pengguna dial-in dan remote akses pengguna.





Itulah beberapa peralatan yang digunakan untuk membangun jaringan wan. sekian pengetahuan tentang peralatan untuk jaringan WAN. semoga bermanfaat. terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Perangkat Membangun Jaringan WAN Sederhana"

  1. ngumpulin budget dulu buat beli perelngkapannya, baru praktek deh

    ReplyDelete
  2. Perlu banyak budget nih.... terima kasih penjelasannya.. luar biasa..
    Ahadweb.com

    ReplyDelete
  3. Sangat bermanfaat pembahasannya, nice info

    ReplyDelete
  4. Sangat bermanfaat artikelnya, sayang bahanya mahal juga ya pastinya

    ReplyDelete
  5. Mantap gan, tp ane bkin jarkom lan dlu aja tar bru wan

    ReplyDelete
  6. Sangat bernanfaat gan, apa lagi buat saya seorang siswa tkj

    ReplyDelete