Sejarah Komponen-Komponen Utama Komputer


Selamat datang di BLOGCURT sahabat Blogger. Kali ini saya akan membahas tentang sejarah komponen-komponen utama yang harus ada dalam komputer. Komputer pada umumnya terdiri dari 4 komponen utama untuk dapat dioperasikan secara semmpurna. Komponen ini diantaranya adalah: CPU (Central Processing Unit), Monitor, Keyboard, & Mouse. Kali ini saya akan membahas sejarah ke empat komponen tersebut.
Langsung saja kita ke pembahasan:

1. CPU (Central Processing Unit)

    CPU adalah komponen utama yang harus ada didalam komputer, karena didalam CPU terdapat otaknya komputer yaitu Processor. Fungsi utama CPU yaitu sebagai perangkat proses data-data yang dimasukkan dari perangkat input dan akan dikeluarkan melalui perangkat output.
Sejarah perkembangan CPU dibagi menjadi beberapa periode:

  1. Generasi pertama

     CPU petama kali diproduksi pada tahun 1945 oleh IBM. CPU itu bernama ENIAC (Electrical Numeric Intregrator Computer). ENIAC ini adalah salah satu nenek moyang komputer yang ukurannya sangat besar. Untuk pengoperasiannya saja harus memakan lahan seluas separuh lapangan sepak bola.
Perkembangan CPU generas pertama berlanjut dengan lahirnya EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer). EDVAC ini adala komputer dengan ukuran besar pertama kali yang digunakan dalam hal bisnis.

  2. Generasi kedua

    Pada generasi ini bentuk komputer sudah sedikit lebih kecil dari komputer generasi pertama, dan penggunaan listriknya pun jauh lebih rendah. Pada periode ini komputer sudah bisa dimengerti oleh banyak orang, karena sudah adanya bahasa pemrograman yang berupa teks tidak seperti komputer generasi pertama yang masih menggunakan angka biner untuk memasukkan data.

  3. Generasi ketiga
 
     Pada generasi ketiga ini komputer sudah menggunakan IC (Integrated Circuit). IC ini digunakan untuk menutupi kelemahan dari transistor yang menjadikan komputer cepat panas. Pada generasi ini juga sudah ditemukannya system operasi untuk koputer.

  4. Generasi keempat

     Pada generasi ini komputer sudah sangat maju, karena ukurannya yang jauh lebih kecil dan sudah menggunakan prosessor yang jauh lebih bagus. Pada generasi ini juga komputer mulai diproduksi untuk semua kalangan. Dan mulai dari generasi inilah komputer terus meningkat sampai dengan sekarang.

2. Monitor

    Monitor adalah alat yang digunakan untuk menampilkan hasil dari perangkat input. Monitor berkembang sangat signifikan dari tahun ketahun. Monitor pertama kali diciptakan dalam bentuk tabung dan memiliki ukuran yang besar. seiring perkembangan jaman, ditemukanlah monitor LCD yang sudah jauh lebih bagus dari monitor sebelumnya, akan tetapi tampilannya masih agak buram jika menggunakan resolusi yang tinggi. Dan semakin majunya jaman, diciptakanlah monitor LED yang tampilannya sudah sangat bagus walaupun menggunakan resolusi yang tinggi.
3. Keyboard

    Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alfabet. untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka serta simbol-simbol khusus lainnya. Dalam komputasi, papan ketik menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak sebagai tuas mekanis/saklar elektronik. Penciptaan papan ketik komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Crishtoper Latham pada tahun 1968 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh perusahaan Remington.
4. Mouse

    Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data kedalam komputer selain keyboard. Mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.
Mouse pertama kali ditemukan pada tahun 1963, oleh seorang penemu Amerika dari Stanford Research Institute, bernama Dr. Douglas C. Engelbart. Mouse yang pertama merupakan sebuah perangkat yang sangat sederhana. Terbuat dari kayu, memiliki satu tombol kecil disebelah kanan atasnya, kemudian memiliki dua roda besi kecil didalamnya.

Itulah sejarah perkembangan komponen-komponen komputer dari tahu ketahun. Semoga bermanfaat. TERIMA KASIH..

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Sejarah Komponen-Komponen Utama Komputer"